Cara Mereset Password Bios

Gw bikin posting ini karena ada yang menjanggal dari dosen yang ngasih tau gimana caranya buat reset password bios, Beliau (asik dh kata2nya) bilang buat reset password bios itu HANYA ADA SATU CARA, YAITU DENGAN MENGUBAH JUMPER HARDISK (HDD) DARI PRIMARY TO SLAVE. Loh ? ? ? emg iya ya ? ? ? terus itu satu2nya car? ? ? untuk jawabannya coba kita simak ulasan di bawah ini

Apakah kalian tau apa kegunaan dari Jumper HDD itu? coba kalian cari di Google. Menurut gw dan setau gw dengan maksud bukan sok tau, Jumper HDD itu biasa dilakukan untuk yang ingin mengsintall HDD baru atau yang sudah terpasang HDD di PC (dalam hal ini berarti HDD Master) lalu HDD baru itu menjadi kedua (di buat Slave). Malah biasanya ada HDD yang sudah disetting hanya untuk menjadi Master dengan begitu kita tidak perlu repot2 lagi men-Jumper HDD. Setiap HDD itu ada yang beda2 buat setting Jumpernya, ada HDD setting Jumper untuk kecepatan Transfer Rate-nya. Lalu dimana bisa dikatain dengan Jumper HDD bisa reset Password Bios? sedangkan HDD sendiri tidak menyimpan setting bios. Jadi dimana sebenarnya setting bios itu tersimpan? waduh kalo pertanyaan itu bingung jawabnya, yang pasti jika kalian teliti melihat Motherboard pasti ada perangkat yang dikhususkan untuk bios, untuk lebih jelasnya silahkan cari di google aja.



Sebenarnya banyak cara untuk mereset password bios (bukan satu2 cara dengan jumper HDD), cara pertama jika dalam suatu PC (Personal Computer) di Motherboard (singkat saja mobo) kalian cari tulisan "RESET BIOS",  biasanya ada yang bentuknya tiga pin atau dua saja tergantung dari masing2 mobo dan dekat batery CMOS, untuk yang 3 pin, kalian cukup pindahkan Jumpernya dari pin 1,2 (3 tidak terisi) ke 2,3 (1 tidak terisi) lalu tunggu hingga kurang lebih 5 menit, setelah itu kembalikan Jumper ke posisi semula 1,2 (3 tidak terisi). Jika kalian yang cuma 2 pin, kalian cukup rekatkan kedua pin tersebut dengan uang koin atau bahan logam lainnya dan tunggu hingga kurang lebih 5 menit. Jika berhasil setting bios akan kembali default. Ada beberapa mobo yang punya fitur lebih salah satunya untuk reset bios dengan hanya satu kali pencet saja, biasanya sie itu untuk mobo yang dipake buat overclock.


3 Pin
Untuk cara yang selanjutnya kalian liat kan ada batery gede? tuh batery copot aja tunggu beberapa menit, dan kalo berhasil setting bios kembali default. Buka pengeman batery pelan2 ya jangan langsung asal cabut ney.


Cara lain lagi buat reset password bios melalui Command Prompt MS-DOS. Dengan syarat kalian harus bisa booting baik dengan Flashdisk ataupun dengan CD dan bisa menjalankan perintah debug. Jika sudah masuk kalian ketik code ini:
debug
o 70 2E
o 70 FF
quit
Sebenarnya untuk cara diatas agak susah tapi hati2 aja untuk mencobanya.

Nah sekarang bagaimana jika kalian punya masalahnya di Netbook/Notebook kalian?. Jelas caranya beda dong, masa kalian harus bongkar Notebook kalian, sayang kan kalo masih ada garansi jadi rusak tanda garansinya.

Untuk yang satu ini kalian bisa menggunakan beberapa program untuk mereset password bios. Yang gw tau program CMOSPWD dan De-CMOS2 bisa kalian gunakan untuk reset password bios dengan mudah. Pengalaman gw, lebih mudah pake De-CMOS2. Sebenarnya masih banyak program lain tapi kalian harus gunakan dengan hati2 ya.

Masih ada lagi nih cara lain, yaitu dengan menggunakan Master Password. Master Password ini bisa kalian masukan tapi setiap merk bios itu punya Master Password berbeda-beda. Master Password ini bisa kalian download disni juga. Gw g masukin Master Password disni karena terlalu panjang.

Nah banyak cara kan buat reset password bios, dan bukan dengan cara Jumper HDD. Jika kalian merasa postingan ini juga salah silahkan dikomeng aja dibawah, tapi sebelumnya kalian cari di google apa ada cara reset password dengan Jumper HDD ?.

Nih buat donlod programnya:
Download CMOSPWD
Download De-CMOS2
Download Master Password
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kuliah / Tutorial dengan judul Cara Mereset Password Bios. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://link-soft.blogspot.com/2011/04/cara-mereset-password-bios.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, April 14, 2011

9 komentar untuk "Cara Mereset Password Bios"

  1. ma'af sobat, gw kesini cuma mau kenalan, jadi mohon ma'af kalau koment saya menyimpang dari temanya, karena saya tidak tau tentang masalah gitu-gituan.

    salam kenal

    ReplyDelete
  2. HALO TEMAN.
    LAPTOP GUE PUNYA MASALAH NCH. SEBELUM MASUK WINDOWS, MUNCUL TAMPILAN MINTA PASSWORD. GUE MAU INSTAL ULANG GAK BISA, KARENA PERINTAH MINTA PASSWORD. TOLONG KASIH TAU CARANYA YA..?
    TANKS...

    ReplyDelete
  3. Maksudnya password admin gt? kalo password admin g sengaja kena password jebol aja dari Safe Mode, tuh cara yang paling gampang, kalo g bisa juga pake program

    kalo install ulang mo pake password or g, slalu bisa harusnya, kan selama booting g bkal ada password

    ReplyDelete
  4. teman cory ni..
    gw bukan anak kuliah, di setiap mobo pasti tulisan reset bios jarang ada..
    klo ada tulisanya kecil banget..
    tp setelah direset kira2 mobo minta bios lg gmana caranya??
    cory kurang paham..
    oya klo laptop minta pasword mngkn ja setup dari laptopnya di buat password atw biosnya ilang..

    ReplyDelete
  5. biasanya mobo jadul yg jrg bgt ad tulisan di mobonya, mkanya informasi ttg mobo lengkap ad dibuku panduannya,tp klo org yg dah biasa dengan liat bentuknya aj org dh tau yg mana buat reset bios coz semuanya sama

    kalo abis dereset biosnya, bios bakal balik kesettingan defaultnya.

    ReplyDelete
  6. tapi g'mana klo baterei CMOSnya g ada ???

    ReplyDelete
  7. mksi atas infonya,,bagi_bagi ya ilmu tntang komputernya !!

    ReplyDelete
  8. @bagi-bagi2 ilmi~~coba ksh tau gw Mobo mana yg g ad batre CMOS nya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini..